Selasa, 21 April 2009

HILANG DENGAN SENYUMAN

Jika kita melakukan sesuatu yang tidak kita sukai pastilah sangat benci melakukannya atau mungkin kita tidak melakukannya. Ya, setiap orang pasti ada hal yang tidak disukai dalam melakukan sesuatu atau mungkin kebanyakan orang tidak menyukai hal-hal yang berbau kebersihan alias bersih-bersih, karena hal itu adalah hal yang sepele tapi sangat menjemukan, kotor dan menjijikan.
Kita mungkin tidak tahu bahwa mengalahkan hal semacam itu hanya dengan senyuman, yang berarti kita tetap melakukan pekerjaan itu dengan senyuman di bibir dan senyuman di hati tanpa rasa marah, kesal atau suntuk.
Kita contohkan saja seperti mencuci piring, apakah saat kita mencuci piring hati kita benar-benar suka akan melakukannya, pasti kebanyakan dari kita akan cemberut, kesal atau malas apalagi jika banyak sekali jumlahnya dan tidak ada yang mau membantu mencuci selain diri kita sendiri yang sadar untuk mencucinya.
Hal yang sepele itu bisa membuat kita cemberut tapi jika kita bisa menanganinya secara bijaksana, maka yang kita dapat dan rasakan adalah suatu keindahan dalam melakukan suatu yang membosankan dan menjemukan, cobalah untuk tersenyum dab bernyanyi pasti tenang tanpa beban.
Contoh yang lain seperti berada di kemacetan kota yang sangat sibuk, naik kendaraan umum yang bau solar, berdesak-desakan, tanpa AC, panas, jauh perjalanan, banyak copet, banyak pengamen, bau keringat yang campur dari banyak orang, apa yang kita lakukan jika kita menemui situasi seperti ini ? mungkin kebanyakan orang akan tidur atau sekedar memejamkan mata, melamun, sumpek, dan biasanya mendorong emosi naik yang jadinya ingin marah, ini semua terjadi karena kita dipengaruhi oleh lingkungan yang sangat tidak mendukung, tetapi jika kita bisa menyiasati itu dengan baik dan tenang, maka kita tidak perlu tidur-tiduran, yang kita lakukan adalah tersenyum atas semua yang kita alami, jangan cemberut atau kesal dengan orang yang di sebelah kita tidurnya mepet, dan bau keringatnya minta ampun, tetapi kita bisa tersenyum dan kalau bisa kita bernyanyi di dalam hati atau bawa saja walkman, kita bisa melupakan suasana di sekitar kita menjadi suasana yang indah. Alangkah indahnya jika kita bisa melakukannya, mungkin tidak semua orang bisa melakukan hal ini, tapi saya tahu ada yang bisa melakukan hal semacam ini dan yang mengejutkan lagi karena dia adalah seorang perempuan, menurutku dia sangat tangguh menghadapinya, perempuan seperti apa dia ? jika hal-hal semacam ini bisa dia atasi dengan mudah apalagi untuk hal-hal yang lain baik yang lebih berat atau lebih ringan, pastilah tidak ada yang menyebalkan dalam kehidupan dia, semuanya dia ubah menjadi indah dan gembira.
Mungkin kita semua bisa melakukannya, kita cuma membuat kebosanan menjadi kesenangan dan kegembiraan, yang perlu kita lakukan adalah berpikir bahwa tidak ada hal yang menjemukan, yang ada hanya kesenangan yang akan kita dapat dari hidup kita setiap saat, dan berpikir tentang kebahagiaan yang bisa kita lakukan di saat seperti itu dengan senyuman.



Kala sesuatu
Menimpa
Buatlah
Seakan
Tak ada beban,
Karena
Sesuatu itu
Tak akan menjadi
Beban
Jika
Kita
Tersenyum
Di wajah
Dan di hati

Tidak ada komentar: