Selasa, 21 April 2009

CONTOH YANG INDAH

Di dalam hidup ini sering kita jumpai berbagai macam orang dengan tingkah lakunya. Terkadang kita menginginkan menjadi sesorang yang hebat seperti orang yang kita kagumi, misalnya ayah/ ibu/ paman/ bibi atau artis/ tokoh yang lain.
Semua terkadang sangatlah sulit untuk terwujud, itu dikarenakan bahwa setiap orang memang berbeda, dan yang bisa kita tiru hanya sebagian dari orang itu, tetapi dengan mencontoh atau yang lebih tepatnya mengagumi seseorang dan mengambil apa yang baik dari orang itu akan menimbulkan sesuatu yang berbeda dari diri kita dan menjadikan diri kita orang baru, dan kita tak sadar bahwa kita bisa menjadi contoh bagi yang lain. Dan dalam hidup yang dijalani kita telah banyak belajar dari pengalaman dan orang yang kita kagumi, sehingga menjadikan kita orang yang kuat dan tangguh.
Mungkin waktu kecil kita ingin menjadi pahlawan atau superhero seperti yang ada di film, tetapi tanpa kita sadari waktu itu kita sudah menjadi pahlawan dan contoh bagi yang lain, karena mungkin pada seusia itu kita bisa ditinggal pergi jauh oleh orang tua kita dan kita tidak menyesal dan marah tetapi dapat menghadapinya dengan tenang, seakan kita diberi kepercayaan dan mungkin saat itu kita sudah dianggap berani oleh lingkungan sekitar kita, atau mungkin menjaga adik-adik kita yang masih kecil walaupun saat itu kita juga belum besar, dan orang bilang anak kecil menjaga anak kecil. Tapi itulah contoh yang baik dan indah, karena seumur itu dia sudah mempunyai tanggung jawab yang besar pada adik-adiknya, walaupun sang adik tidak beranggapan kakaknya itu seoerang pahlawan tetapi orang yang melihat hal ini akan merasa salut karena ia adalah pahlawan bagi adik-adiknya. Mungkin karena keadaan seorang wanita lebih cepat dewasa daripada laki-laki dalam urusan rumah, mungkin ada perempuan yang sudah menjadi selayaknya seorang ibu bagi adik-adiknya, hal ini bisa terjadi bila ibunya bekerja atau terlalu sibuk sehingga lupa akan anak-anaknya dan keluarganya, tetapi ada hal yang positif dari hal ini, karena diajarkan pada anak-anaknya sebuah tanggung jawab. Tapi terkadang tak sadar bahwa sesungguhnya mereka sudah menjadi seorang ibu pada usia yang masih muda dan mungkin ia hanya sebentar menjadi seorang wanita seperti wanita umumnya yang seusianya.
Atau juga seorang yang rela bekerja dulu demi adiknya dan sekolahnya, setelah cukup uang ia melanjutkan sekolahnya. Kita berpikir darimana mereka dapat atau kenapa mereka melakukan hal itu ? dan mereka bisa, mungkin dari orang yang mereka kagumi. Tetapi tanpa dia sadari bahwa dia sendiri yang menjadi contoh, sebuah contoh yang indah.









Sesuatu yang
Tidak seharusnya
Kita
Lakukan
Akan kita
Rasakan
Manfaatnya
Suatu waktu nanti
Hal ini yang membuat kita
Melangkah lebih jauh
Dari umumnya,
Orang yang seperti ini
Yang pantas
Untuk dipeluk

Tidak ada komentar: